Selasa, 12 Mei 2009

Tips Untuk Ujian

Belakangan ini kan lagi musim tuh ya Ujian Tengah Semester di kalangan mahasiswa. Ada yang udah, ada yang belum, ada yang udah pasrah ama bakal calon nilainya, ada yang ketawa-ketawa dengan tatapan mata sinis sama semua temennya gara-gara dia yakin nilainya bagus-bagus (yang ini bahaya, bisa diamuk massa), ada yang keluar kelas ujian sambil memasang muka sedih dan dengan di iringi lagu yang sama kaya pas scene kapal mau karam di film Titanic gara-gara cuma bisa memandang dengan takjub soal-soal ujian, ada juga para spekulan jawaban yang di dalem kelas cuma liat kiri kanan berharap ada budiman yang bersedia memberi dia sesobek kertas mujizat yang bernama contekan, ada yang tidur di kelas karena ga bisa ngapa-ngapain, ada yang dikerubungi lalet-lalet karena belum mandi, ada yang keluar kelas sambil jenggut2 rambut sendiri terus ngacak-ngacak kantin, ada-ada aja.

Because of that, disini ada sedikit tips-tips menghadapi ujian yang mudah-mudahan bisa membantu teman-teman menggapai sukses dalam perkuliahan, karena UTS dan UAS merupakan point yang penting dalam muculnya huruf-huruf di akhir semester. Walaupun sebagian besar tips-tips disini belum saya coba, hehe, ya tapi apa salahnya berbagi, toh kalau kalian sukses siapa tau saya kecipratan juga, tapi kalau saya yang sukses, saya bakal kabur ke luar negeri untuk menghindari kalian-kalian yang pada pengen kecipratan sukses saya,he.he..

Dari berbagai macam sumber yang ada, ada beberapa point penting, dan inilah tips-tips yang telah dianalisis dan disadur oleh HappyGie, dan mungkin bisa bersaing dengan tips-tips menghadapi ujian ala layanan sms REG[spasi]Primbon :

1. Ingat-ingat syarat yang diberikan dosen di awal perkuliahan.

Sebagian besar dosen biasanya memberikan syarat-syarat untuk mengikuti ujian, dan biasanya syaratnya adalah presentase kehadiran kuliah (gak mungkin kan Beliau ngasih syarat supaya kamu dateng ke kelas pas ujian harus dengan yel-yel di pintu kelas, atau harus membawa papan cucian yang gerinjul2 itu buat alas lembar jawaban, dan ga mungkin juga Beliau mengharuskan kamu memakai sapu yang dicelup ke tinta untuk menyilang jawaban2 kamu,,ga mungkin kan?). Nah karena absensi itu penting, maka kamu harus inget-inget berapa kali kamu bolos di mata kuliah itu , kalu lebih dari batas, kamu bisa bertanya pada Pak/Ibu dosen apakah kamu bisa diikutsertakan dalam ujian itu. Kalau absen kamu aman-aman saja, masuk ke tips 2.

2. Kumpulkan seluruh materi kuliahmu.

Baik itu catatan, handout, atau buku kuliah, lalu lengkapi bila ada catatanmu yang kurang, tentu saja dengan mencari ke teman kuliahmu. Lalu susun dengan rapi berdasarkan jadwal ujian, selain lebih memudahkan untuk mencari dan menghapal, ini juga bisa menjadi sesuatu yang bisa dibanggakan bila temanmu dating ke kamarmu, bukan hanya kolor-kolormu saja yang tersusun rapi di lemari, tapi buku-buku kuliahmu juga. Bila sedang iseng, kalian bisa mengacak-acak lalu menyusun kembali, atau bisa meminta adik atau sepupumu untuk menyembunyikannya, ya seperti permainan petak umpet, lalu kita mencarinya kembali, pasti mengasyikan !

3. Kekuatan Doa.

Ini yang paling penting, berdoalah kepada Allah SWT supaya ujian kita dimudahkan dan dilancarkan. Beside that, mintalah doa restu kepada orang terdekat supaya sukses ujian, specially ke Ortu mu, dan juga kamu juga bisa meminta doa restu kepada semua orang, supaya kamu sukses ujian.


4. Belajar Bersama.

Ajaklah teman-temanmu untuk belajar bersama, carilah teman yang dikenal sebagai narasumber yang baik, karena dengan belajar bersama akan lebih memudahkan kita bila ada sesuatu yang tidak dimengerti, bisa ditanyakan langsung. Walaupun pada akhirnya mungkin proses belajar bersama tidak terlaksana, karena biasanya berujung dengan makan rujak bersama, atau beradu gossip terkini di kalangan selebriti, atau terlarut dalam lagu-lagu kangen band terbaru dan bernyanyi bersama sampai malam tiba yang sengaja diputar di winamp oleh teman yang mempunyai konspirasi dan tidak ingin kesuksesan bersama bisa terwujud dan itu dilakukan dengan propaganda lagu-lagu kangen band.

5. Gunakanlah waktu-waktu sebelum ujian dengan sebaik-baiknya.

Jangan menghabiskan waktu-waktu sebelum ujian dengan bermain-main tak jelas, lebih baik baca dan pahami kembali materi-materi yang telah dipelajari. Jangan pernah berencana untuk hiking ke Gunung Himalaya beberapa jam sebelum ujian, jangan juga jajan burger dan french-fries di McD cabang Florida bila kamu lapar sebelum ujian,

6. Datanglah lebih awal pada saat ujian.

Jangan tidur terlalu malam bila besok nya akan diadakan ujian pagi-pagi, tinggalkan dulu kebiasaan menonton kuis bisik-bisik di TPI yang memang ditayangkan tengah malam, siapkan alarm dan cek baterenya, bila kamu tidak mempunyai alarm, kamu bisa menyempatkan waktu untuk ke pasar dan membeli Ayam Jago beserta kandang-kandangnya dan tempatkan dia di pinggir kasurmu, dan paksa dia untuk berkokok subuh-subuh.

Mungkin itulah sebagian kecil tips-tips yang bisa saya bagi disini, semoga bisa tips-tips k*ecil ini bisa mempunyai peran besar merubah kehidupanmu, tentu saja berubah menjadi yang lebih baik. Soalnya kamu tidak mungkin berubah menjadi Ksatria Baja Hitam dengan tips-tips di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar